Rabu, 24 Oktober 2012

E-COMMERCE http://www.berniaga.com


SITUS :
STRATEGI PERDAGANGAN :
1. Fokus pada satu produk atau jasa, lalu pasarkan, promosikan, jual , lakukan tindakan apapun untuk meningkatkan penjualan. Walaupun ada hasrat untuk melakukan bisnis dengan menjual multi produk atau multi jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar, namun seringkali focus pada satu atau dua produk dan melakukannya dengan sangat baik akan mengurangi risiko dan lebih menguntungkan.
2. Kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa yang sudah ada. Pada saat produk anda terbukti banyak pembelinya, jangan lalai untuk mengambil peluang dari produk yang relevant untuk mendiversifikasi lini produk. Hal ini tidak saja akan memberikan variasi produk, tapi juga akan menarikan bagi pembeli retail yang bertipe suka mengkonsumsi produk yang beragam namun masih satu lini.
3. Carilah Cara untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah pernah mencoba produk anda. Akan lebih murah untuk melakukannya. Walaupun kamu tidak dapat mengembangkan lini produk, kamu dapat meningkatkan pendapatan dengan cara Volume Discount. Contoh : Beli satu dapat dua, kartu discount kunjungan. Teknik ini dapat juga di gunakan pada Home Based Business.
4. Mulailah untuk memperkerjakan seseorang, karyawan partimer, kontraktor independent, pegawai lepasan (freelancer) ataupun keluarga. Hal ini bukan saja akan meringankan casflow dengan cara menyesuaikan biaya dengan level pekerjaan yang ada, namun juga dapat menggunakan tenaga kerja yang berkompeten, yang mungkin kamu tidak sanggup memperkerjakan secara full time.
5. Membuat web site untuk mengiklankan perusahaan secara online. Sekarang tidak perlu lagi membuka took untuk menjaring pelanggan retail. Untuk pemasar produk special: buku2 langka dan barang2 koleksi, Toko online akan membawa kamu untuk memperoleh jutaan pelanggan tanpa membayar sewa, utility dan koleksi-koleksi tak berharga. Pengembangan website sendiri dengan hanya usd30 per bulan tanpa pengetahuan teknis. Perusahaan yang membantu anda untuk mendaftarkan Domain Anda akan menyediakan Template Online, Hosting Website di server dia, menyediakan beberapa alamat email.
6. Join dengan pemilik bisnis lain untuk mempromosikan bisnis anda. Berpartner dengan pemilik bisnis yang masih related adalah salah satu tehnik marketing yang termurah dan termudah.
7. Mulai memasarkan ke pasar yang lain. Bila target pelanggan kamu adalah remaja, mulailah arahkan kepada mahasiswa. Kalau target market anda adalah ibu2 pekerja, mungkin anda juga bisa menjual produk yang bisa di pakai di rumah dengan beberapa modifikasi. Strategi yang lain adalah dengan menggunakan produk berorientasi retail dan menjualnya secara wholesale. Contoh, Catering yang menjual kue2 kecil dan ringan, dapat menghubungi perusahaan kue local untuk menjual kepadanya secara wholesale. Walaupun harga yang anda tetapkan lebih murah, namun akan memperoleh pendapatan yang lebih konsisten.
8. Carilah cara baru dan berbeda untuk memasarkan bisnis anda melalui Email Newsletter atau menjadi pembicara tamu atau pembicara di suatu instansi. Pada dasarnya memasarkan bisnis tidak perlu menggunakan media yang membutuhkan biaya mahal untuk memasang iklan, kita dapat menggunakan Teknologi Informasi yang mulai berkembang diantaranya seperti Blog, informasi melalui Face Book, dan lain-lain.
9. Kembangkan ke lokasi lain. Ini bisa dengan menyewa Virtual office di Pusat Bisnis atau Menyewa bersama pemilik UKM lainnya. Ada peluang untuk mendirikan kantor sementara, ketika anda membutuhkan suatu pengembangan tertentu. Seperti menyewa Temporary Office dll.
10. Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis anda dengan jalan Waralaba atau Peluang Bisnis.

3.Perkembangan bisnis online saat ini di Indonesia
Seiring Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu kekuatan brand bagi dunia usaha. Website dapat meningkatkan nilai penjualan dan promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.
Contoh lain seperti Bisnis Online berniaga.com, berniaga.com merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang.Berniaga.com kini telah menjadi situs jual beli online terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak setiap harinya, menjadikan berniaga.com sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang dipercaya.

4.Analisa desain web,pengunjung dan content
a)     Analisa web berniaga.com
Berniaga.com memiliki desain web sebagai berikut:
Penempatan menu sudah sangat baik. Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya begitu bagus dan tidak terlalu berlebihan. sehingga kalau dilihat dari segi estetika terlihat sangat elegan.Website berniaga.com ini jika dilihat dari segi aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan penggolongan objek berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk menemukan barang yang ingin dicari.Website ini sudah cukup memenuhi criteria tersebut. Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang di berniaga.com memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga spesifikasi produk-produk yang diposting di berniaga.com dapat terlihat dengan jelas.Dari segi aspek configurability  website berniaga.com bersifat semi dynamic, artinya user dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting, tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut dan sesuai dengan aturan yang berlaku di berniaga.com.Dilihat dari segi tampilannya, website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai dan proporsional serta tidak berlebihan.

b)    Analisa Pengunjung berniaga.com
Berniaga.com merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang/jasa. Berniaga.com kini telah menjadi situs jual beli barang/jasa online terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang mencapai 546,378 pengunjung, menjadikan berniaga.com sebagai situs penyedia layanan jual dan beli barang/jasa yang dipercaya. Berniaga.com saat ini memiliki ratusan ribu member dan terus mengalami peningkatan setiap bulannya, baik itu dari segi jumlah iklan maupun pengunjung.

c)    Analisa Content berniaga.com
Di berniaga.com, Anda dapat pasang iklan gratis untuk hampir semua jenis barang/jasa. Lebih mudah dan nyaman juga dalam melakukan pencarian barang/jasa, seperti kendaraan, hunian, pekerjaan, elektronik, fashion dan sebagainya.
Berniaga.com menjadikan member (calon pembeli) dan menyediakan Live Support yang akan selalu siap menjawab segala pertanyaan berkenaan dengan penggunaan situs Berniaga.com.
Berniaga.com juga memiliki informasi umum tentang beberapa aturan untuk menjadi member berniaga.com. Member juga bisa menuliskan deskripsi mengenai toko mereka dan menulis aturan yang berlaku di toko mereka demi kenyamanan dan kemudahan Anda menggunakan layanan berniaga.com
PERTUKARAN DATA :
Pertukaran data yang dilakukan http://www.berniaga.com adalah dengan cara pertukaran data elektronik atau dengan cara melalui ATM banking
TINGKAT KEAMANAN :
Dengan cara mereview setiap iklan yang masuk agar iklan yang di publikasikan nantinya akan benar-benar berkualitas . Hal tersebut dilakukan supaya meminimalisir potensi penipuan yang kerap terjadi pada jual beli online .
KENDALA :
kendala yang ada pada situs belanja online adalah Pencatatan pemesanan yang keliru karena semua serba manual.,Pesanan tertukar, ini merupakan dampak dari kesalahan pada pemesanan.,Komunikasi ke pelanggan kurang lancar. Lagi-lagi ini terjadi karena pebisnis mengurus semua hal sendiri, mulai promosi produk, melayani pelanggan, menerima permintaan, mengurus pengiriman termasuk pembayaran. ,dan Transaksi kerap tertunda karena bergantung pada interaksi pembeli dan penjual. Kalau pembeli tidak tanggap merespons pertanyaan pembeli, niat untuk belanja bisa tertunda atau bahkan batal.



2 komentar:

Abu aliyah mengatakan...

Cara menganalisa pengunjung web gmn caranya?

PAK TAMRING DI MALAYSIA mengatakan...

SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI WARA,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {4714} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN KI WARA KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI KI WARA DI 082322214888 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS


SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI WARA,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {4714} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN KI WARA KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI KI WARA DI 082322214888 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS

Posting Komentar